AAPL Infographic
Australia-ASEAN Power Link

Visi Sun Cable adalah melihat kawasan Indo-Pasifik dilistriki oleh energi terbarukan, dengan memanfaatkan sumber daya energi surya yang berkualitas tinggi

Kami menciptakan industri ekspor baru untuk menyalurkan energi hijau dalam rangka mengurangi emisi gas rumah kaca global.

Proyek unggulan ini kami beri nama Australia-ASEAN Power Link (AAPL). Proyek ini menggabungkan pembangkit tenaga surya dan fasilitas penyimpanan baterai terbesar di dunia yang berlokasi di Northern Territory, Australia, yang dilengkapi dengan sistem transmisi sepanjang 4.500 km untuk memasok listrik terbarukan yang dapat handal dengan harga bersaing di pasar Darwin dan Singapura.

(Rute peta adalah indikatif)

3GW
Listrik mudah dikirim
3.750
Km Kabel Bawah Laut HVDC
12.000
Hektar Panel Surya
Hingga 1/5
Kebutuhan Listrik Singapura

Peluang

Saat ini, transisi energi di kawasan Indo-Pasifik terjadi secara signifikan dan permintaan energi listrik tumbuh dengan cepat. Di Asia Tenggara, permintaan energi tumbuh rata-rata 6% per tahun dan diperkirakan akan tumbuh 60% pada tahun 2040. Permintaan listrik terbarukan semakin meningkat cepat karena biayanya yang rendah.

Australia sendiri memiliki sumber daya surya per kapita tertinggi diantara negara G20 dan kedua terbesar di dunia. Hal ini menciptakan peluang yang unik untuk mengekspor energi terbarukan dalam jumlah besar, mendukung kebutuhan energi regional, dan menopang pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.

Perkembangan

  • Menyelesaikan Penambahan Modal Seri A
  • Mengembangkan perangkat lunak optimalisasi secara mandiri untuk seluruh sistem AAPL, termasuk untuk pasar listrik Darwin dan Singapura
  • Mendapatkan Status Proyek Nasional dari Pemerintah Persemakmuran Australia dan Pemerintah Northern Territory
  • Menyelesaikan survei bawah laut sepanjang 750 km untuk perairan Australia
  • Menunjuk PwC sebagai Project Advisory Partner

 

Kru Guardian Geomatic sedang melakukan survei bawah laut

Tim Teknik Sipil, Paul dan Obie, di lokasi pengujian tanah

Dasar Pemikiran

Permintaan regional terhadap listrik terbarukan yang terjangkau, berskala besar, dan mudah dikirimkan

Listrik adalah faktor yang sangat penting bagi perekonomian Singapura yang tingkat industrialisasinya sangat tinggi. Bagi Singapura, akses terhadap listrik berbiaya rendah dan andal dalam jangka menengah hingga panjang sangatlah penting untuk mendukung pembangunan jangka panjang dan meningkatkan daya saing ekonomi. Saat ini, 95% sumber listrik Singapura bergantung pada pembangkit gas.

Untuk mengurangi ketergantungan ini, pada tahun 2019, Menteri Perdagangan & Industri Singapura Chan Chun Sing memperkenalkan kebijakan “Four Switches” yang diformulasikan oleh Otoritas Pasar Energi Singapura. Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan impor listrik dari sumber terbarukan.

Darwin

Energi terbarukan berskala besar dengan biaya yang terjangkau akan mendukung transformasi ekonomi di Northern Territory, Australia.

Pemerintah Northern Territory, Australia menyadari potensi energi terbarukan dalam mendukung pembangunan ekonomi lokal dan sedang melakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk beralih dari pembangkit campuran yang saat ini digunakan. Saat ini, Pemerintah Northern Territory, Australia sedang menyusun Peta Jalan menuju kebijakan Energi Terbarukan, melakukan reformasi pasar energi, dan melaksanakan semua rekomendasi dari Laporan Komisi Rekonstruksi Ekonomi Northern Territory,—yang semuanya menyoroti pentingnya pasokan energi terbarukan.

.

 

Pemandangan dari kapal Guardian Geomatic yang memulai survei bawah laut AAPL pada September 2020

Sistem AAPL

AAPL adalah integrasi dari beberapa teknologi

Untuk membangun proyek AAPL, kami akan mengintegrasikan tiga teknologi:

  • Pusat panel surya terbesar di dunia
  • Baterai penyimpan terbesar di dunia
  • Sistem transmisi arus searah tegangan tinggi (HVDC) sejauh 4.500 km

Listrik terbarukan akan dihasilkan oleh pembangkit tenaga surya berkapasitas 14 GW dengan baterai penyimpanan energi listrik sekitar 33 GWh yang berlokasi di dekat Elliott, Northern Territory, Australia. Listrik yang dihasilkan dari fasilitas panel surya/penyimpanan ini akan disalurkan sejauh 750 km ke Darwin melalui menara transmisi tegangan tinggi dan kemudian ke Singapura melalui jaringan transmisi arus searah tegangan tinggi (HVDC) bawah laut sepanjang 3.750 km.

AAPL Infographic

Manfaat lingkungan

Kami antusias menjadi bagian dari revolusi energi hijau yang menurunkan karbon di sektor listrik

Seiring dengan meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer bumi, suhu rata-rata global dan permukaan laut pun meningkat. Pembakaran batu bara, gas alam, dan minyak untuk menghasilkan listrik dan panas merupakan sumber tunggal emisi gas rumah kaca global terbesar, dengan karbon dioksida menjadi penyumbang terbesarnya. Semakin hari, masyarakat terus terdorong untuk berpindah ke energi terbarukan yang tidak menghasilkan emisi karbon.

Studi lingkungan yang kami lakukan akan mencari cara untuk menghindari dan meminimalkan dampak terhadap nilai lingkungan dan nilai sejarah, dan emisi gas rumah kaca selama pembangunan berlangsung.

Dukungan dari EPBC Commonwealth dan EPA Northern Territory, Australia untuk proyek AAPL telah diumumkan pada sebuah pameran publik di bulan November 2020.

Mark Branson, Manajer Pengembangan Sun Cable & ilmuwan lingkungan, di lokasi

 

 

Manfaat Ekonomi

AAPL akan menandai dimulainya industri baru ekspor energi terbarukan

Pengembangan proyek AAPL oleh Sun Cable akan menempatkan Australia, Singapura, dan negara ASEAN lainnya sebagai pusat energi terbarukan di tingkat regional dan menciptakan peluang ekonomi dan energi berkelanjutan yang signifikan selama beberapa dekade.

Proyek ini akan menciptakan ribuan pekerjaan operasional dan konstruksi, sehingga dapat membuka peluang bagi bisnis dan pemasok lokal. Nilai proyek AAPL ini mencapai AUD $23 miliar.

CEO Sun Cable, David Griffin, berbicara tentang AAPL di Squawk Box

 

 

Bermitra dengan masyarakat setempat

Kami berkonsultasi dengan masyarakat setempat tentang bagaimana memaksimalkan manfaat AAPL dan meminimalkan kerusakan lingkungan

Sun Cable ingin menjadi tetangga yang baik bagi masyarakat di tempat kami beroperasi.

Kami menghormati para Pemilik Tanah Tradisional tempat proyek ini akan dilaksanakan: dari Elliot hingga Laut Timor, dan semua daerah di antaranya.

Sepanjang proyek AAPL ini, kami akan meminimalkan kerusakan lingkungan dengan merawat tanah, seperti yang selalu dilakukan oleh pihak-pihak sebelumnya.

Elliott, Northern Territory